Home ยป Mencoba Paket Roaming Telkomsel di Malaysia

Mencoba Paket Roaming Telkomsel di Malaysia

roaming telkomsel di malaysia

Sabtu kemarin, tepatnya tanggal 29 Februari 2020, saya pergi ke Malaysia (tepatnya Sarawak) untuk urusan kantor. Karena komunikasi dan terhubung dengan dunia maya saat sekarang memegang peranan penting. Mau tidak mau saya tetap harus terhubung dengan dunia luar.

Sebelum berangkat ke Kuching dan Bintulu. Ada dua opsi yang ada di benak saya soal komunikasi, apakah akan mengaktifkan roaming telkomsel atau membeli kartu telepon di Malaysia. Akhirnya saya mengambil opsi untuk mengaktifkan roaming di Malaysia. Pertimbangannya, saya malas untuk mengganti kartu telepon. Reweuh kata orang sih.

Di situs telkomsel ada beberapa paket roaming untuk tujuan negara Malaysia. Akhirnya saya ambil paket roaming RoaMAX Malaysia sebesar Rp150 ribu untuk 30 Gb data internet selama 7 hari. Alasannya karena saat ini sudah jarang orang menggunakan hape untuk voice call dan sms-an. Kalaupun voice call pasti menggunakan aplikasi whatsapp. Bagi saya yang terpenting selama di luar negeri terhubung dengan internet. Baik untuk whatsapp-an, video call dengan istri dan anak maupun browsing serta ber sosial media.

Pengalaman saya menggunakan paket roaming telkomsel, saya merasakan jaringannya cukup kuat saat berada di Kota Kuching, karena roaming telkomsel di kota Kuching menggunakan provider Maxis.

Sedangkan ketika saya pergi ke kota Bintulu jaringan roamingnya berubah memakai Digi. Mungkin karena jaringan Digi di kota Bintulu lebih kuat dan bagus dibandingkan dengan Maxis.

Untuk beberapa wilayah sinyal selular hilang, seperti perkebunan sawit. Ini sepertinya juga berlaku di Indonesia. Lain cerita kalau saya menggunakan telepon satelit.

Hasilnya

Saat memanfaatkan paket roaming telkomsel di Malaysia, saya sempat menguji kecepatan dengan menggunakan aplikasi speedtest pada ponsel android di beberap titik tempat. Berikut hasilnya.

Selama disana, saya lihat kecepatan unduhnya rerata di atas 7 Mbps sedangkan kecepatan unggahnya cukup bagus juga karena berkisar 500 Kbps hingga 6 Mbps.

Bagi yang akan berada di Malaysia selama 7 hari dan malas beli kartu selular Malaysia seperti saya, mengaktifkan paket roamingnya telkomsel merupakan solusi bijak. Tapi kalau hanya pergi kurang dari 7 hari seperti saya lebih baik beli kartu telepon di Malaysia.

1 tanggapan pada “Mencoba Paket Roaming Telkomsel di Malaysia”

  1. Pingback: Pemeriksaan Kesehatan di Bandara Kuching dan Supadio | IRFANDI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *