Nabung Emas di Shopee Karena Sebuah Kebetulan

Nabung emas di Shopee sebenarnya tidak direncanakan. Bisa dibilang kecelakaan 😁. Lah wong, sebelumnya saya sudah punya rekening tabungan emas di Pegadaian.

Cerita awalnya. Saat itu saya lagi buka menu Pulsa, Tagihan dan Hiburan di Shopee. Rencananya mau ke menu Donasi. Saat scroll ke bawah, saya menemukan menu Emas yang merupakan produk terbarunya.

Namanya manusia pasti ada rasa penasaran 😅. Saya iseng buka menu Emas tersebut. Ternyata bisa beli emas Pegadaian.

Saya pikir nabung emas di Shopee akan terkoneksi dengan rekening emas Pegadaian yang sudah dipunya sebelumnya. Tanpa berpikir panjang saya langsung membelinya sebesar Rp 50 ribu dengan menggunakan Shopee Pay.

nabung emas di shopee
Screenshot tabungan emas di Shopee

Ndilalah, begitu saya ke kantor Pegadaian terdekat ternyata tidak bisa masuk ke rekening emas saya sebelumnya.

“ini langsung ke tabungan emas saya kan?” tanyaku kepada mbak pegawai Pegadaian sambil menyerahkan buku tabungan emas dan KTP untuk verifikasi akun.

“Nggak, pak. Jadi rekening baru. Bapak nanti punya dua rekening emas” sembari menerima KTP dan mengembalikan rekening tabungan emas Pegadaian saya.

“Ya udah, deh. Nggak apa-apa punya dua rekening” timpalku dengan penuh kepasrahan 😒.

nabung emas di shopee
Dua rekening tabungan emas di aplikasi pegadaian digital

Kejadiannya terjadi pada tanggal 9 Oktober 2020.

Kesimpulan Nabung Emas di Shopee

Nasi sudah menjadi bubur. Mau bagaimana lagi. Sudah terlanjur lebih baik di jalani saja.

Berdasarkan pengalaman selama beberapa waktu nabung emas di shopee. Berikut penilaian saya selaku pengguna.

Keunggulannya

  1. Bisa dimulai dengan nominal kecil. Kita bisa beli dengan nilai Rp 500. Kalau buka akun tabungan emas di Pegadaian minimal harus nabung Rp 50.000 untuk transaksi berikutnya.
  2. Tidak ribet. Cukup isi Shopee Pay langsung bisa membeli. Pegadaian punya dompet digital bernama G-Cash dan baru menggunakan virtual account dari Bank Rakyat Indonesia.

Kelemahannya

  1. Ada biaya simpan sebesar Rp 30.000 seperti halnya buka tabungan emas di outlet Pegadaian. Biaya sebesar itu apakah sebanding dengan keuntungan dan resikonya? Tergantung kita sendiri menilainya. Perlu diketahui di aplikasi Tanamduit1 gratis biaya simpan tapi emasnya bukan emas Antam melainkan produksi PT. Hartadinata Abadi, Tbk2.

Catatan :

1Tanamduit bekerjasama dengan aplikasi Masduit dalam penyediaan emas. Masduit merupakan produk dari PT. Aurum Digital Internusa yang anak perusahaan PT. Hartadinata Abadi, Tbk.

2 PT. Hartadinata Abadi, Tbk merupakan produsen emas perhiasan yang sudah melantai di bursa saham Indonesia dengan kode HRTA.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: